Ketika Kepala Sekolah Jarang Di Sekolah

Ketika Kepala Sekolah Jarang Di Sekolah
Foto: Setiap saat Kepala Sekolah harus berada di Sekolah

MESUJI - Keberadaan Kepala sekolah bagi semua Sekolah pada semua jenjang pendidikan, sangatlah penting. Dengan perannya sebagai EMASLIM (Edukator, Menejer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator), keberadaan Kepala sekolah bisa diibaratkan sebagai motor penggerak semua kegiatan di Sekolah. Sehingga idealnya, setiap saat Kepala sekolah harus berada di sekolah. Namun kenyataannya, dengan berbagai alasan seringkali Kepala sekolah tidak berada di Sekolah.

Ada-ada saja alasannya sehingga Kepala sekolah tidak berada di Sekolah. Mulai dari mengikuti rapat dinas, konsultasi ke Dinas Pendidikan, rapat koordinasi MKKS, mengikuti workshop, sampai dengan urusan-urusan lain yang entah apa saja. Bahkan ada juga Kepala sekolah yang tidak berada di Sekolah dengan alasan yang tidak jelas. Menjalankan dinas luar tidak, di Sekolah juga tidak ada.

Mengingat pentingnya peran Kepala sekolah serta fakta seringnya Kepala sekolah tidak berada di Sekolah, tentu sangat diperlukan adanya menejemen sekolah yang kuat. Sepandai apapun, Kepala sekolah tentu tdak mungkin bisa mengelola Sekolah dengan baik jika hanya mengandalkan diri sendiri. Karena itu, Kepala sekolah hendaknya mampu menumbuhkan kesadaran kepada semua guru dan karyawan di sekolahnya, sehingga semua pihak memiliki komitmen yang kuat bahwa keberlangsungan kegiatan di Sekolah merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tergantung kepada Kepala sekolah.

Untuk membangun komitmen bagi semua warga sekolah seperti itu, memang tidak mudah. Namun jika Kepala sekolah benar-benar mampu menjalankan perannya sebagai EMASLIM dengan baik, maka hal semacam itu sangat mungkin untuk bisa diwujudkan. Pendekatan yang humanis perlu dilakukan oleh Kepala sekolah. 

Dengan pendekatan ini, semua warga sekolah merasa diwongke (Jawa). Artinya, semua warga sekolah merasa diperhatikan dan merasa dihargai perannya dalam memajukan Sekolah oleh Kepala sekolah.

Apabila Kepala sekolah telah mampu membangun komitmen semua warga sekolah, maka ada, maupun tidak ada Kepala Sekolah di sekolah, kegiatan di Sekolah tetap saja bisa berjalan dengan baik. Namun demikian, ada satu hal yang hendaknya benar-benar diperhatikan oleh seorang Kepala sekolah. Ketika ia sedang tidak berada di sekolah, memang karena benar-benar ada alasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara kedinasan.

Tapi jika ketidakhadiran Kepala sekolah di Sekolah tanpa alasan yang jelas, maka jangan berharap kegiatan di Sekolah akan bisa berjalan dengan baik. Bagaimanapun, guru dan karyawan sekolah akan selalu memantau di mana Kepala sekolah dan untuk kepentingan apa. Oleh karena itu, seorang Kepala sekolah tentu tak boleh sesuka hati meninggalkan Sekolah.

Mesuji, 24 November 2021

Udin Komarudin

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jurnalis Nasional Indonesia

Udin Komarudin

Udin Komarudin

Previous Article

Kunker Camat di Kantor Desa Adi Mulyo, Aida...

Next Article

Makna Hari Guru, Erat Kaitanya dengan Sejarah

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 30

Postingan Tahun ini: 112

Registered: May 23, 2021

Afrizal khoto

Afrizal khoto

Postingan Bulan ini: 29

Postingan Tahun ini: 215

Registered: Sep 14, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 19

Postingan Tahun ini: 119

Registered: Nov 23, 2021

Hariyono

Hariyono

Postingan Bulan ini: 19

Postingan Tahun ini: 69

Registered: Nov 24, 2021

Profle

Muh. Ahkam Jayadi verified

Peletakan Batu Pertama Masjid Perumahan Ghina Sakinah Barru
Wakili Bupati, Asisten I Barru Buka Rapat Pengadaan Lahan Kereta Api
HUT Kabupaten Lebak, FKK OKP Baksel Unjuk Rasa Kecewa Kepemimpinan Iti
Hasnah Syam Gandeng BKKBN Gelar Talk Show Sosialisasi Pendataan Keluarga

Follow Us

Recommended Posts

Kepsek SDN 8 Kedondong Diduga Gelapkan Bantuan Disdik Pesawaran dan Pasang Bendera Rusak
Tony Rosyid: Warga Jakarta Berlimpah Subsidi
Topan Aquardi S.H Nahkodai Karetaker DPD KNPI Kota Metro
Tony Rosyid: Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik
Dinas Kominfo Way Kanan Akan Kembangkan Portal Website Satu Data